Mediaema.com (Batang Hari) Komisi III DPRD Kabupaten Batang Hari akhirnya memanggil Kadis PUPR Kabupaten Batang Hari, Zulkifli untuk diminta penjelasannya terkait dengan kendaraan 2 alat berat bantuan hibah Pemerintah Provinsi Jambi pada rapat dengar pendapat diruang Komisi III, Senin, 1 Februari 2021. Selain Kadis, Sekretaris dan sejumlah Kabid Dinas PUPR juga turut hadir, mayoritas anggota Komisi III juga turut hadir dalam pertemuan tersebut. (04/02/21)

“Sebagai mitra kerja Komisi III, kita sudah memanggil Kadis PUPR dan jajarannya dalam rapat dengar pendapat senin, untuk diminta penjelasannya terkait 2 alat berat bantuan hibah Pemerintah Provinsi Jambi,” Ungkap Azizah, SE, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Batang Hari.

Pada pertemuan tersebut, kata politisi dari PAN ini, selain mempertanyakan keberadaan 2 alat berat tersebut, juga menyinggung mekanisme penggunaan pemanfataan dan peruntukan 2 alat berat tersebut bagi masyarakat di Kabupaten Batang Hari. “Sejumlah anggota Komisi III juga sempat mempertanyakan keberadaan 2 alat berat itu saat ini dan mempertanyakan mekanisme pemakaiannya,” ucap Azizah.

Dua Unit Alat Berat Tidak Hilang, Saat Ini Berada di Desa Benteng Kecamaran Mersam dan Muara Tembesi :

Namun akhirnya, pihak Dinas PUPR pada pertemuan itu menjelaskan dihadapan Komisi III DPRD Kabupaten Batang Hari, kata Azizah, bahwa menurut Kadis PUPR, alat berat itu tidak hilang seperti yang diberitakan oleh beberapa media sebelumnya, bukan hilang, tapi saat ini alat berat itu saat ini berada di desa Benteng Rendah, Kecamatan Mersam dan di Muara Tembesi. Salahsatunya, untuk perbaikan akses jalan akibat bencana banjir, ini berdasarkan permintaan dari Pihak Kecamatan Mersam kepada Sekda Batang Hari dengan nomor surat 362/560/KCMR/2020 tertanggal 1 Desember 2020 yang akan diperuntukan untuk perbaikan akses jalan atas kerusakan jalan usaha tani kembang paseban di Desa Benteng rendah akibat bencana banjir yang melanda kecamatan Mersam sebelumnya.

Baca Juga :  Mie Ayam Untuk Pengungsi Rawan Longsor Keracunan, Dugaan Dari Makan Mie Ayam

“Kita menekankan, bagi masyakatar/kelompok yang akan meminjam 2 alat berat hibah Pemprov Jambi disampaikan secara prosedur administrasi yang sudah ditetapkan, dan ini harus konsisten,” jelas Azizah.

Yang tidak kalah penting, saran Azizah, pengunaan atau mobilisasi 2 alat berat bantuan hibah Pemprov Jambi itu betul-betul dikontrol dan diawasi oleh Dinas PUPR, jangan sampai ada penyalahgunaan pemanfaatan alat berat tersebut oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab, karena pada awalnya 2 alat berat itu tidak ditarik retribusi atau disewakan. “Mari kita awasi bersama pengunaan 2 alat berat tersebut, agar bisa dimanfaatkan maksimal masyarakat sesuai peruntukannya,” ungkap Azizah.

Satu lagi, kalau alat berat itu telah habis masa pengunaannya oleh masyarakat/kelompok, pinta Azizah, supaya alat berat tersebut segera ditarik kembali oleh Dinas PUPR Kabupaten Batang Hari, agar lebih mudah mengawasi dan mengontrol keberadaan 2 alat berat tersebut. “Secara tehnis, mekanisme dan prosedur peminjaman 2 alat berat tersebut, sebaiknya ditanyakan langsung kepada Kadis PUPR,” saran Azizah.

Penulis : Hadi Prabowo
Editor : Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *